Pertemuan Rencana Implementasi Kerja Sama LIPI dengan Kabupaten Bogor



Dalam rangka membahas tindak lanjut kerja sama antara LIPI dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, Biro Kerja Sama Hukum dan Humas (BKHH) LIPI mengadakan rapat dengan Pemerintah Kabupaten Bogor pada tanggal 8 Juli 2019 bertempat di Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan LIPI (Pusbindiklat-LIPI). Pada acara ini Kapuslit Limnologi-LIPI, Dr. Fauzan Ali, M.Sc menyampaikan bahwa setiap kerjasama sebaiknya diawali dengan saling mengenal oleh  kedua belah pihak.  
Sebagai informasi, rapat ini merupakan amanat dari Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani pada tanggal 21 Februari 2019, dimana dalam salah satu poinnya mengatur mengenai teknis tindak lanjut implementasi kerja sama. Dengan kata lain, Nota Kesepahaman tersebut wajib dimanifestasikan dalam bentuk perjanjian kerja sama teknis.
Dalam  kegiatan yang dihadiri oleh para pimpinan satuan kerja LIPI di kawasan Cibinong Science Center Botanical Garden (CSC-BG) dan pimpinan satuan kerja perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Bogor ini, terdapat penjajakan kerja sama dan didiskusikan potensi-potensi kerja sama teknis yang rencananya akan dilakasanakan
Hasil dari rapat, setelah saling mendiskusikan poin-poin yang berkenaan dengan potensi kerja sama, kedua belah pihak berkomitmen akan menindaklanjuti Nota Kesepahaman dengan kerja sama teknis yang antara lain akan dilaksanakan oleh antara Puslit Limnologi LIPI dengan Bapedalitbang Pemerintah Kabupaten Bogor, Biro Umum LIPI dengan  Dinas Pembangunan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dengan Pusat Pemanfaatan Inovasi dan Iptek  (PPII-LIPI), Dinas Lingkungan Hidup dengan Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati (Deputi IPK LIPI). Potensi kerja sama ini diharapkan dapat mengoptimalisasi kawasan CSC-BG LIPI dengan Pemerintah Kabupaten Bogor  sesuai regulasi yang ada. Serta sinergi implementasi iptek antara LIPI dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dapat berkesinambungan. (yovita/ed:Angga)