Revitalisasi Danau Tempe, Solusi Efektif dari Puslit Limnologi untuk Pengelolaan Danau



Pengelolaan danau haruslah mengedepankan kemampuan daya dukung ekosistem sehingga tidak ada pemanfaatan berlebih yang justru merusak danau. Hal ini terungkap pada jumpa pers hasil kajian peneliti Puslit Limnologi- LIPI tentang konsep Pengelolaan Danau Tempe Sulawesi Selatan Berbasis Daya Dukung Ekosistem di Media Center LIPI, Jakarta 15 November 2018.
Pengelolaan danau dengan prinsip revitalisasi untuk mengembalikan fungsi habibat dengan mempertahankan atau memperluas genangan tidak permanen dan memperdalam genangan permanen sehingga ekosistem pada sektor perikanan terjaga.
Puslit Limnologi LIPI telah melakukan kajian daya dukung ekosistem Danau Tempe melalui pendekatan yang sistematik dengan mensimulasikan interaksi komponen penyusun ekosistem berbasis pada hidrodinamika danau. Kajian ini mengintegrasikan simulasi pergerakan air danau dengan seluruh material yang terkandung didalamnya sehingga hasil yang didapatkan lebih mendekati kondisi alami. Dengan mengetahui pergerakan air dan komponen yang ada di dalamnya  maka habitat ikan  di danau tempe dapat diketahui.  (adei&yli)