Kerjasama LIPI dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap

Pemerintah Kabupaten Cilacap mengadakan Workshop Peningkatan Produksi Perikanan Budidaya  melalui Perikanan Penerapan Teknologi Pakan Alternatif pada 25 April 20di Kabupaten Cilacap. Acara dihadiri oleh  Penyuluh Perikanan dari masing masing Kecamatan, Kelompok Tani Perikanan, Dinas Perikanan dan Kelautan serta Bappeda Kabupaten Cilacap.
Pada acara ini Pusat Penelitian Limnologi LIPI memberikan tambahan wawasan tentang Teknologi Budidaya Ikan Air Tawar yang disampaikan oleh Drs. Widi Riyanto dan Teknologi Pakan Alternatif oleh Dr. Tri Widiyanto, M.Sc. LIPI mendampingi Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap pada pengembangan pakan alternative dan pembuatan pellet apung.
Kabupaten Cilacap telah memunyai tiga sentra lokasi pengembangan perikanan tawar yaitu Kecamatan,Majenang, Kecamatan Maos dan Kecamatan Kesugihan. Pada umumnya jenis ikan yang  dibudidayakan  adalah ikan gurame, ikan nilem, dan tawes. Satu kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan)  telah mengembangkan pakan alternatif  Magot. Selain itu juga satu Pokdakan yang mengembangkan Azolla sebagai sumber pakan alternative yaitu di kecamatan Maos dan Adipala serta Sampang. LIPI akan membantu memfasilitasi pelatihan budidaya serangga penghasil Magot bekerja sama dengan Balai Riset Ikan Hias KKP Depok. (yli)