Kunjungan Siswa dari 19 Provinsi di Indonesia

Para siswa SMP yang merupakan binaan ASTRA dari 19 Provinsi di Indonesia mengadakan kunjungan ke Pusat Penelitian Limnologi LIPI pada tanggal 27 April 2018 diterima oleh Ir. Widi Riyanto , Staf Diseminasi dan Kerjasama Puslit Limnologi LIPI. Widi menjelaskan kegiatan Puslit Limnologi LIPI yang mudah dipahami oleh para siswa.
Selanjutnya peserta berkunjung ke tempat penelitian Integrated Multhitrophic Aquacultur (IMTA) yang diterima oleh Agus Waluyo, S.Si . Beliau menyampaikan dengan teknologi IMTA budidaya lele dapat meningkat dan menghemat pakan ikan serta air sebesar 85%. Agus menjelaskan permasalahan utama yang dihadapi pada usaha perikanan yaitu kebutuhan pakan yang tinggi dan harga pakan yang mahal, serta sumber daya air yang semakin terbatas. Masalah tersebut dapat diatasi salah satunya dengan pendekatan sistem budidaya multitrofik terpadu. Teknologi IMTA merupakan kegiatan budidaya berbagai jenis biota perairan yang dipadu-sinergikan berdasar sifat trofiknya. Kegiatan ini diarahkan untuk pemanfaatan ruang, air, serta sumber daya pakan yang efektif dan efisien. Pada Teknologi IMTA limbah yang dihasilkan dari suatu komoditas dapat menjadi sumber energi bagi komoditas lainnya. Sehingga pada akhirnya kegiatan ini tidak menghasilkan limbah akan tetapi menghasilkan komoditas yang dapat dipanen dan air bersih yang memenuhi baku mutu untuk lingkungan.
Peserta kunjungan selanjutnya mengunjungi tempat penelitian teknologi bioflok ikan sidat, Triyanto, M.Si menyampaikan bahwa tujuan penelitian ini mengembangkan sebuah sistem budidaya ikan sidat yang efisien dan ramah lingkungan melalui teknologi Bioflokulasi Aliran Tertutup. Peserta kunjungan juga mendapat penjelasan materi tentang proses pengolahan air bersih oleh Eka Prihatinningtyas. Kunjungan ini merupakan serangkaian peringatan Hari Bumi bertema Bersama Menjaga Bumi yang diselenggarakan oleh LIPI dan ASTRA Internasional. (yli)