Situ Cibuntu Sebagai Laboratorium Puslit Limnologi-LIPI




Pada saat ini Situ Cibuntu sebagai situ alam digunakan sebagai laboratorium alam Pusat Penelitian Limnologi,-LIPI yang keberadaanya sangat dijaga sesuai fungsinya. Situ Cibuntu yang berada di kawasan Pusat Penelitian Limnologi-LIPI dimanfaatkan sebagai sarana penelitian, baik oleh para peneliti Pusat Penelitian Limnologi-LIPI maupun mahasiswa, sehingga informasi ilmiah tentang situ Cibuntu secara spesifik diharapkan dapat menjadi model pendekatan pengelolaan perairan umum lainnya. Pemanfaatan situ sebagai wahana edukasi, selain untuk penelitian-penelitian dasar limnologi juga untuk uji coba peralatan-peralatan pengukuran parameter kualias air sebelum digunakan di lapangan.

Fungsi Situ Cibuntu selain sebagai penampung air hujan sementara, disaat musim penghujan dan cadangan air disaat musim kemarau, juga sebagai wilayah konservasi alami bagi organisme akuatik maupun terestrial yang hidup disekitarnya. Saat ini peran situ Cibuntu bagi masyarakat sekitar, selain sebagai sumber air untuk pertanian, juga sebagai sarana rekreasi (pemancingan) maupun olah raga (jalan disekeliling situ).

Situ Cibuntu merupakan aset negara pengelolaannya di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Permasalahan pada Situ Cibuntu adalah terjadinya pendangkalan yang begitu cepat, selain dari sedimentasi proses erosi di bagian daerah tangkapan air juga  masuknya sampah-sampah anorganik, seperti plastik-plastik bekas kemasan. Sampah plastik tidak mudah didegradasi sehingga mengakibatkan pendangkalan yang menyebabkan turunnya kualitas air Situ Cibuntu. Pemeliharaan badan air dan fisik Situ Cibuntu secara kelembagaan menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat namun demikian, karena keberadaannya di wilayah tanggungjawab Pusat Penelitian Limnologi- LIPI, pengelolaan situ, baik secara fisik maupun kebersihan dilakukan oleh Pusat Penelitian Limnologi-LIPI.

Secara terbuka Situ Cibuntu tidak diperuntukan untuk umum sebagai tempat kunjungan wisata, hal ini terkait dengan fungsi dan peran situ saat ini, yaitu sebagai sarana edukasi (penelitian), konservasi dan kepentingan sosial (sebagai sumber air untuk pertanian, sarana olah raga dan rekreasi terbatas). (gun&yli)