Halal Bihalal Sivitas Puslit Limnologi LIPI: Selalu Berbuat Kebaikan, Walaupun Ramadhan Telah Usai



Cibinong. Humas LIPI. Bulan Ramadan yang penuh berkah telah usai, saat nya kita memasuki Bulan Syawal. Jarak tidak menjadikan penghalang untuk saling bersilaturahim dan saling memaafkan. Peringatan Idhul Fitri dan Halal Bi Halal 1441 H berbeda dari tahun sebelumnya. Puslit Limnologi LIPI mengadakan dan memeriahkan acara Halal Bi Halal virtual  pada 29 Mei 2019, untuk melaksanakan himbauan pemerintah memberlakukan pembatasan sosial dan di rumah saja demi memutus mata rantai penyebaran virus corona

Kepala Puslit Limnologi LIPI, Dr. Fauzan Ali, M.Sc menyampaikan beberapa hal penting antara lain tentang hikmah puasa. “Seseorang yang berpuasa  telah dapat mengendalikan hawa nafsu,” jelasnya di awal sambutan. “Menahan yang halal pun kita mampu melakukannya apalagi yang haram dan  puasa memampukan kita selalu berbuat kebaikan, dengan menjaga perkataan yang baik-baik. Kita tinggalkan perbuatan yang negatif seperti menggunjing orang lain atau berbohong, “ imbuh Fauzan.

Dirinya mengungkapkan puasa juga mendidik kita untuk meningkatkan dan melatih kepekaan serta berbagi  terhadap orang yang kurang mampu. “Tak kalah pentingnya adalah  dengan puasa, telah membuat kita sehat secara jasmani dan rohani,” tutur Fauzan lebih lanjut.

Meskipun Ramadhan telah berlalu, Fauzan mengajak seluruh sivitas melakukan kebiasaan  baik seperti  sedekah, infaq, dan berbuat baik kepada semua orang. “Semoga puasa kita mengangkat kita pada derajat ketakwaan. Dengan bertakwa kita akan selalu dituntun oleh Allah SWT serta mendapat rezeki yang tidak disangka- sangka,” harap Fauzan

Pada akhir sambutannya Fauzan menginformasikan dalam waktu dekat sivitas akan masuk kantor sehingga perlu mempersiapkan dan menjaga diri masing masing dengan protokol kesehatan sehingga dapat beraktivitas kembali dan bermanfaat bagi negara dan bangsa.


Acara dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Dr. Unang Fauzi, Lc., M.E.I tentang Meraih Berkah Silaturahim dalam Momentum Idhul Fitri 1441 H. Dirinya menyampaikan silaturahmi dapat menambah rezeki,  ilmu, pahala dan umur panjang, silaturahmi media masuk surga, silaturahmi menyatukan hati sebagai pelipur lara, silaturahmi sebagai wujud kerjasama, dan  silaturahmi dapat meraih kesuksesan kebersamaan.

Halal bihalal Puslit Limnologi LIPI diakhiri  dengan ucapan khas Idul Fithri dari seluruh sivitas dan diakhiri dengan doa. Sivitas Puslit Limnologi berharap  semoga pandemi ini dapat segera terlewati dan dapat melakukan kegiatan kembali di kantor dengan baik. Aamiin. (Yo ed SL)