Potensi Lahan Gambut sebagai Cadangan Air Tawar

Cibinong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Limnologi LIPI mengadakan kuliah umum yang berjudul Pengelolaan Sumber Daya Air Kontinen Maritim dengan narasumber Prof. Mitsuru Osaki dari Hokkaido University Jepang, sekaligus perwakilan dari Japan Peatland Society pada Kamis (2/20) di Cibinong, Jawa Barat. “Kami mendatangkan profesor dari Jepang, Prof. Mitsuru Osaki dari Hokkaido University. Beliau mempunyai ilmu yang sangat mendalam tentang peatland. Kegiatan ini dilaksanakan untuk sharing knowledge terutama tentang sistem monitoring lahan gambut”, ujar Guruh Satria Ajie, Peneliti Pusat Penelitian Limnologi LIPI.

Menurut Ajie, untuk mengolah potensi lahan gambut diperlukan kolaborasi seperti diskusi dan sharing knowledge. “Sebelumya Kyoto University juga mempelajari masalah peatland di daerah Kalimantan, ini merupakan hal yang berkelanjutan. Pusat Penelitian Limnologi-LIPI kedepannya akan efektif mempelajari daerah-daerah tersebut”, ungkapnya.

Sementara itu, menurut Reliana Lumban Toruan, Peneliti Pusat Penelitian Limnologi LIPI, lahan gambut yang ada di Asia Tenggara, khususnya Indonesia mempunyai potensi yang tinggi sebagai cadangan air tawar. Di Indonesia sendiri lahan gambut banyak terdistribusikan di Kalimantan dan Sumatra. “Peatland merupakan salah satu sumber cadangan air tawar terbesar, jadi bagaimana kita dapat  mongkoservasi dan berkontribusi dalam monitoring data, perlu dipelajari lebih dalam lagi tentang tindakan yang tepat, sehingga kita tidak semena-mena dalam mengambil langkah, seperti apakah harus membuka lahan”, jelasnya. “Untuk dapat mengkonservasinya, dibutuhkan studi lapangan guna mendapatkan data yang presisi dalam  menginisiasi langkah yang tepat untuk menjaga keseimbangan water level”, tambahnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini dibuka oleh Plt. Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian (IPK) dihadari oleh beberapa perwakilan dari satuan kerja LIPI dari beberapa kedeputian, diantaranya dari, Deputi Ilmu Hayati, dan Deputi Ilmu  Teknik. Tidak hanya dari internal LIPI, kegiatan ini turut dihadiri dari perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan.(sf/ed:yov)